Sabtu, 24 Mei 2014

Ennichisai 2011


Saat saya posting tulisan ini, yang masih dalam episode 'Flashback' sebenarnya Ennichisai 2014 sedang diselenggarakan. Tepatnya pada tanggal 24-25 Mei 2014. Dengan meluangkan waktu sebentar di sela-sela waktu istirahat setelah saya bekerja lembur sampai malam di hari Sabtu pula, entah kenapa saya seperti punya ada rasa kewajiban buat segera menyelesaikan semua postingan yang udah ngumpul dibenak buat ditumpahkan diblog ini.

 Ennichisai adalah festival kebudayaan Jepang tahunan yang diselenggarakan di kawasan Melawai,Blok M. Pertama kali diadakan pada tahun 2010 dan saat pertama kali saya menghadirinya yaitu pada tahun 2011, Ennichisai sudah memulai tahun keduanya. Dan tahun ini mengusung tema Pray For Japan karena acara ini diadakan setelah bencana tsunami melanda Jepang.
Untuk menuju kawasan Melawai, kami melewati blok M square dan setibanya di kawasan Melawai, saya pikir barusan melewati pintu masuk kemana sajanya Doraemon, karena saya tiba-tiba saja seperti berada di Jepang!. Booth-booth berjejer banyak sekali dari mulai kuliner, pernak pernik, sampai permainan tradisional Jepang juga ada , tau kan permainan menangkap ikan. Lampion digantung sepanjang jalan. Ornamen-ornamen khas Jepang lainnya juga tak luput menghiasi jalanan. Lalu saya berpikir, jadi seperti ini rasanya berada di festival musim panas atau disana biasa disebut 'Matsuri' .
Acara paling ramai dan ditunggu saat Ennichisai adalah pawai mikoshi. Mikoshi itu semacam kuil portable yang diusung ramai-ramai dan diarak keliling. Sebelum pawai mikoshi, jalanan Mentawai dilenggangkan dan pengunjung dilarang berjalan di tengah-tengah jalan karena pawai Mikoshi akan segera melewati jalan tersebut. Yang mengusung mikoshi ini bukan hanya orang Jepang saja, tapi orang kita juga ada yang ikut mengusung dan menggoyang-goyangkan mikoshi loh. Tapi sayang di Ennichisai ini saya datang terlambat sehingga tidak bisa menyaksikan secara langsung pawai mikoshi nya. 

Di depan stand permainan trdisional Jepang


Mikoshi disimpan dulu sebelum diarak

Di mana ada festival jejepangan, di sana pasti ada cosplayer berkeliaran. Cosplayernya juga keren-keren banget karena di sini ada kompetesi bergengsi buat para cosplayer yaitu babak penyisihan CLASH- yg merupakan kompetisi bertaraf nasional. Nantinya para finalis akan bersaing di Final CLASH yang akan diadakan di Balai Kartini.

Yang ini saya lupa karakter apa ? ada yang tau?

Cosplayer Cloud dari Final Fantasy

Orochi X salah satu seleb cosplayer paling ngetop se-Indonesia yg jadi juri di babak penyisihan CLASH

Costreet

Oke saya harus bersiap-siap buat pergi ke Ennichisai 2014. Pastinya saya akan posting juga tapi sabar yach, karena masih banyak artikel lain nya yang akan saya posting di sini ^^ Sayonara.....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers