Minggu, 18 Mei 2014

First Cosplay Event

Akatsuki berbaju putih, boleh dunks :)

Saking seringnya saya dateng ke acara yg ada cosplaynya, saya sampe lupa pastinya kapan event cosplay pertama yang saya hadiri pokoknya kalo gak 2010 ya 2011. Yang paling saya ingat adalah saya mulai menghadirinya di acara sekolahan. So, yang bikin acara itu tak lain tak bukan adalah kerjaannya anak-anak SMA loh. Waktu itu kali pertama saya mendatangi acara cosplay sekaligus mampir ke SMA 1 Bekasi. Ternyata sekolah ini rutin bikin acara tahunan macam ini sampai saya menulis artikel ini.


Di sini saya mau menceritakan sedikit tentang cosplay. Biasanya cosplay ini biasa ditemui di acara festival kebudayaan jepang atau biasa kami sebut 'Jejepangan'. Jadi cosplay ini semacam salah satu pengisi acara. Hampir di semua acara jejepangan akan ada kontes cosplay. Jadi para cosplayer gak hanya datang dengan tanpa tujuan. Lumayan kan buat nambahin uang jajan kalo menang. Atau walaupun gak ada hadiah uangnya memenangkannya adalah sebuah prestasi tersendiri buat seorang cosplayer.

Ada juga Costreet singkatan dari 'Cosplayer Street' yang datang hanya untuk numpang eksis jadi seleb dadakan, ngumpul bareng teman-teman sesama cosplayer ataupun cuman buat sekedar have fun.

Nih dia foto-foto jadulnya :

Kakashi OK lah , Sasuke? no comment..

Sasori - salah satu anggota Akatsuki di manga Naruto

Bleach Cosplayers

cosplayer ini sempat minta tolong saya pegangin gitarnya coz tali nya putus udahannya minta kita foto bareng hehe
my sist with Law - salah satu tokoh penting di manga One Piece
ada miniatur Tokyo Tower juga, kreatif ya
Waktu itu jumlah cosplayer masih terbilang minim coz cosplay masih dianggap tabu di sini masih banyak yang berpikiran cosplay itu kerjaan nya kayak 'badut' padahal cosplay itu adalah bentuk mengekspresikan diri seseorang dalam memerankan tokoh yang disukainya. Cosplay is an art guys!

 Seiring berjalannya waktu, cosplay makin berkembang dan makin nge-trend. Jumlah cosplayer masih banyak, event-event jejepangan jadi lebih sering diadakan. Kalo saya pikir, adanya social media turut membuat cosplay makin dikenal banyak orang. Saat ini saya sendiri sudah mempunyai banyak teman cosplayer di Facebook dan bertemu dengan mereka langsung di event jejepangan. Dengan siapa saya biasanya datang ke event itu? saya selalu ditemani oleh saudara kembar saya - Siska (foto terakhir sebelah kiri) dan sobat kami - Diana yg akrab dipanggil Dee (ditengah foto) .Sekali lagi saya mau berterimakasih pada Dee yang udah memperkenalkan dunia per-cosplay-an pada saya yang memang menggemari manga ini. Sehingga saya punya hobi baru dan mengenal lebih budaya Jepang ,hunting Cosplayer dan  mempunyai lebih banyak teman. Semoga kita bertiga benar-benar bisa mengunjungi Jepang negeri di mana manga dibuat dan memburu para Cosplayer yang dianggap 'sangat totalitas' dan 'sangat mirip' dengan tokoh fiksinya. Aminn....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers